Apa itu ecommerce dan Berapa Banyak Jenisnya? Ini Penjelasannya


Apa itu ecommerce? Dalam era digital seperti sekarang ini, sudah selayaknya kita mengetahui tentang istilah ecommerce atau electronic commerce yang dapat diartikan sebagai suatu cara melakukan pembelian dan penjualan produk maupun jasa yang diproses secara online melalui media elektronik dengan memanfaatkan internet.

Berkembangnya teknologi merupakan faktor pendorong perkembangan electronic commerce (e-commerce) yang dapat menghubungkan seluruh manusia di dunia sehingga dapat terjalin komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lainnya. E-commerce mengarah pada penggunaan internet untuk digunakan untuk berbelanja online yang dapat memudahkan siapapun untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di indonesia secara signifikan dibarengi dengan bermunculannya beberapa startup yang akan ikut meramaikan persaingan e-commerce di tanah air. Pembayaran yang mudah dan aman serta pelayanan yang sangat baik bagi hampir kebanyakan penyedia e-commerce menjadi nilai plus tersendiri bagi penggunanya.

Baiklah mari kita bahas apa saja jenis - jenis dari e-commerce :

Pertama, B2B (Business to Business).
Seperti apa? B2B mengarah pada permintaan dan pengiriman proposal bisnis menggunakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan dengan menggunakan aplikasi komputer dengan format standar yang telah disepakati yang disebut EDI (Electronic Data Interchange).

Kedua, B2C (Business to Customer)
Aktivitas e-business yang dilakukan produsen kepada konsumen dengan menggunakan media elektronik secara langsung yang membuat konsumen dapat melakukan pemesanan scara langsung karena produsen sudah mencantumkan harga-harga produk yang dijual. Electronic cash dan secure payment system merupakan contoh aktivitas B2C.


Beragam ecommerce di indonesia :

Iklan baris merupakan bentuk e-commerce yang dapat dapat dianggap sebagai perubahan iklan baris kearah yang lebih baik yang sebelumnya sering ditemukan di koran - koran pagi.

Retail merupakan tipe electronic commerce dengan sistem jual beli dikerjakan melalui sistem yang telah digunakan oleh website yang berkaitan. Aktivitas jual beli di retail relatif aman dan umumnya pilihan produk yang ada tidaklah terlalu banyak. Contohnya : Lazada, Zalora, dan lain sebagainya.

Marketplace merupakan penyedia sistem agar penjual dapat bebas menjual berbagai produk dengan syarat mengikuti peraturan yang berlaku. Jadi dalam hal ini, yang menjual bukanlah pemilik situs melaikan para member yang telah terdaftar. Beberapa marketplace menyediakan susunan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang diproses. Seperti pada kaskus ada istilah rekening bersama (RekBer).

Pemilik situs hanya menjadi pihak ketiga yang berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan pembeli serta mencegah segala sesuatu yang tidak diinginkan yang dapat merugikan pembeli maupun penjual.

Berikut ini beberapa video ulasan DailySocial TV beberapa kantor ecommerce di indonesia:

Blibli.com
 


Berrybenka.com

Tokopedia.com

Bukalapak.com


Mungkin itu saja yang bisa kami berikan mengenai penjelasan apa itu ecommerce dengan beragam jenisnya. Apabila ada kritik dan saran silahkan berkomentar dibawah ini. Bacaplus.com

0 komentar:

Posting Komentar