Cara Membuat Cilok Lengkap


Untuk kesempatan kali ini bacaplus.com ingin menjelaskan mengenai cara pembuatan cilok yang enak lengkap beserta video yang akan memudahkan Anda untuk membuat cilok dirumah.

Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Cilok adalah singkatan dari kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok.

Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.

Bahan bakunya antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.

Berikut ini video lengkap mengenai cara membuat cilok:

Bagaimana? sudah siap membuat cilok sendiri dirumah? selamat mencoba..
Jika ada saran ataupun pertanyaan dapat berkomentar dibawah ya
Terima kasih sudah berkunjung ke bacaplus.com mengenai cara membuat cilok, tunggu informasi menarik maupun tips dan trik lainnya.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Cilok
https://www.youtube.com/watch?v=dEsPXSTGJz0

0 komentar:

Posting Komentar