Perbedaan Antara Save dan Save As Beserta Video

Pada setiap pekerjaan menggunakan komputer ataupun laptop kita sudah tidak asing lagi dengan perintah save dan save as. Tetapi banyak yang belum memahami perbedaan antara kedua perintah tersebut. Berikut penjelasannya dibawah ini :

Perintah Save :
Merupakan perintah menyimpan data pada suatu program komputer yang dinilai sebagai data baru yang harus diberikan nama disuatu lokasi yang dapat diinginkan pengguna. Sebagai contoh, Anda membuat suatu artikel baru menggunakan microfost word. Setelah pekerjaan Anda selesai, pasti Anda akan di ingatkan untuk menyimpan (save) artikel tersebut kedalam komputer Anda. Untuk contoh lain misalkan Anda menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop untuk mengedit salah satu foto yang Anda miliki. Setelah selesai, Anda disarankan untuk menyimpan (save) kedalam komputer Anda. Bila Anda suatu saat ingin membuka kembali file mentah editing foto dan melakukan perubahan, maka secara otomatis mengubah dan menghilangkan hasil sebelumnya.

Perintah Save As :
Merupakan perintah menyimpan data pada suatu program komputer dengan kondisi dimana Anda telah memiliki file sebelumnya, namun ingin menyimpan dengan nama yang berbeda dengan tujuan agar tidak menghilangkan data yang ada sebelumnya. Sebagai contoh, Anda memiliki artikel A kemudian membukanya menggunakan aplikasi microsoft word. Anda bertujuan untuk mengubah atau menambahkan isi artikel A namun tidak ingin kehilangan data sebelumnya. Maka Anda menyimpannya dengan perintah Save As lalu memberikan nama yang berbeda misalnya artikel B. Setelah selesai, akan ada hasil berupa file artikel A dan B pada tempat Anda menyimpan.

Kesimpulannya adalah bahwa perintah Save berfungsi menyimpan data dengan cara biasa, sedangkan Save As berfungsi menyimpan data dengan cara menggandakan diri atau menduplikasi file sebelumnya dengan isi yang biasanya sudah diubah oleh pengguna dengan tujuan agar file dan data sebelumnya tidak hilang sehingga dapat digunakan lagi dikemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar