Perbedaan Hosting dan Domain Beserta Video


Hosting dan domain, apa bedanya? Baik sekarang waktunya kami berikan berjelasan secara detail mengenai perbedaan hosting dan domain.

Sebenarnya sangat simpel untuk membedakan keduanya, namun untuk yang jarang sekali mengenal istilah dalam pembuatan ataupun penggunaan website mungkin akan terasa sangat asing bila mendengar kata "hosting" dan "domain".

Untuk penjelasan singkatnya seperti ini :
Hosting : dapat diartikan sebagai rumah atau wadah atau tempat meletakkan file website dengan kapasitas yang berbeda beda. Sedangkan,

Domain : merupakan alamat dari suatu rumah.

Contohnya, jika budi ingin mengunjungi rumah wati maka budi harus mengetahui alamat rumah wati. Begitupun website, jika Anda ingin mengunjungi website kami maka ketiklah nama website kami di google dan hasilnya segera muncul dengan beberapa website lainnya.

Masih kurang paham? Oke baiklah kami akan jabarkan lebih detailnya

Dimulai dari penjelasan hosting yang merupakan tempat untuk menyimpan berbagai file website Anda. Isi website dapat diakses dengan nama domain yang dapat diakses secara online selama 24 jam.

Sedangkan domain, merupakan salah satu bagian terpenting agar pengguna internet mengetahui keberadaan website Anda dengan menggunakan nama yang spesifik contohnya iniwebsiteku.com . Domain pun dibagi menjadi 2 jenis yaitu domain TLD dan domain CCTLD.

Domain TLD maksudnya apa? Bisa dikategorikan domain global dan tidak memiliki syarat apabila Anda ingin membelinya dari web penjual domain. Contohnya antara lain .com , .net , .org , dan lain sebagainya. Sedangkan domain CCTLD merupakan domain indonesia yang telah diatur oleh PANDI. Contohnya seperti .co.id , .my.id , .id , dan lain sebagainya. Domain berjenis ini memiliki syarat yang dikeluarkan oleh PANDI untuk dapat memilikinya.

 Berikut ini kami sajikan video penjelasan mengenai perbedaan hosting dan domain yang dipublikasikan oleh Beon Channel.


Mungkin cukup sekian penjelasan dari kami mengenai perbedaan hosting dan domain, semoga dapat membantu teman - teman yang sebelumnya kebingungan untuk cara membedakannya. Berikan saran dan komentar untuk pertanyaan serta share apabila informasi ini penting untuk teman lainnya. Terima kasih sudah membaca dan tunggu informasi menarik lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar