10 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah


Tekanan darah rendah ini tidak selalu ditandai dengan masalah. Tapi jika Anda memiliki gejala tekanan darah rendah, dokter dapat mendiagnosa kondisi dan mengungkap penyebabnya mulai dari gejala pusing kepala ringan ketika Anda berdiri dari duduk atau berbaring. Dengan penurunan tekanan darah Anda mungkin menandakan suatu kondisi yang disebut hipotensi postural. Berbagai macam kondisi yang mendasarinya juga dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut.

Dokter akan melihat riwayat kesehatan Anda, umur, gejala-gejala tertentu dan kondisi di mana gejala terjadi. Beliau akan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat berulang kali memeriksa tekanan darah dan denyut nadi setelah Anda sudah berbaring selama beberapa menit.

Tes lain dapat dilakukan, seperti EKG (Elektrokardiogram) untuk mengukur denyut jantung dan irama dan ekokardiogram (tes USG untuk memvisualisasikan jantung). Anda mungkin juga dapat melakukan tes darah untuk mencari masalah dengan kadar gula darah Anda.

Pengobatan apa yang cocok untuk penderita tekanan darah rendah?

Bagi banyak orang, tekanan darah rendah kronis dapat secara efektif diobati dengan perubahan diet dan gaya hidup.

Tergantung pada penyebab gejala Anda, dokter dapat memberitahu Anda untuk meningkatkan tekanan darah dengan membuat perubahan sederhana ini:

Pertama:

Konsumsi makanan yang mengandung garam.

Kedua:

Perbanyak minum air putih terutama disaat cuaca sedang panas.


Ketiga:



Kurangi dan perlahan hentikan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Keempat:


Berhati-hatilah ketika berdiri dari berbaring atau duduk. Untuk membantu meningkatkan sirkulasi, pompa kaki dan pergelangan kaki beberapa kali sebelum berdiri. Kemudian lanjutkan perlahan-lahan. Ketika bangun tidur, duduk tegak di tepi tempat tidur selama beberapa menit sebelum berdiri.

Kelima:


Meninggikan alas kepala tempat tidur Anda di malam hari dengan menempatkan bantal lebih tebal atau gunakan batu bata di bawah kepala tempat tidur.

Keenam:


Hindari angkat berat.

Ketujuh:


Jangan terlalu lama berdiri.

Kedelapan:


Jangan terlalu sering menggunakan air panas seperti shower air panas dan Spa. Jika Anda terasa pusing, segera duduk. Akan sangat membantu bila tersedia kursi atau bangku di kamar mandi untuk membantu mencegah cedera.

Kesembilan:


Untuk menghindari masalah dengan tekanan darah rendah dan mengurangi gejala pusing setelah makan, disarankan untuk mencoba makan makanan yang lebih kecil, dan kurangi karbohidrat.

Kesepuluh:


Hindari mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah sebelum makan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar