Cara dan Tips Merawat Motor Matic Agar Awet


Berikut ini beberapa cara dan tips yang kami rangkum dari sumber terpercaya mengenai cara merawat motor matic yang benar agar awet.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah pakailah bahan bakar berkualitas baik.
Untuk saat ini bahan bakar oktan 92 seperti pertamax sangat disarankan dan hindari menggunakan bahan bakar eceran pinggir jalan kecuali keadaan darurat, karena faktor kebersihan yang kurang terjamin yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kendaraan anda.

Kedua, mengganti oli motor secara rutin.
Disarankan mengganti setiap 2000 km, silahkan anda sesuaikan dan mulai menghitung berapa jarak yang ditempuh setiap harinya.

Ketiga, periksa secara berkala kondisi busi dan aki.
Busi dan Aki merupakan komponen motor yang harus selalu diperhatikan bagi setiap pengguna motor matic merk apapun. Kedua komponen ini sangat mempengaruhi performa kendaraan saat melaju, dampak busi bermasalah dapat terasa saat berkendara yaitu kemungkinan motor mendadak mati dan untuk aki yang bermasalah sering terasa saat menghidupkan motor matic dengan starter elektrik yang terkadang menjadi sulit. Kami menyarankan agar memeriksa secara rutin ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda sebelum terlambat.

Keempat, periksa rutin kondisi vent belt dan roller motor matic anda.
Anda ataupun Bengkel kepercayaan anda pasti sudah mengetahui bagaimana keadaan vent belt dan roller yang sudah tidak layak pakai, jika sudah seperti ini sudah wajib waktunya mengganti kedua komponen tersebut, karena bila tidak diganti dengan segera maka akibatnya dapat lebih fatal yaitu motor tidak bisa dijalankan walaupun kondisi motor hidup yang disebabkan vent belt yang sudah putus.

Kelima, mengganti oli shockbreaker.
Pergantiaan oli shockbreaker yaitu setiap 10000 km, untuk itu displin lah dalam merawat motor matic anda agar performanya selalu terjaga dengan baik.

Keenam, gunakan gas motor matic secara stabil.
Sering terjadi dijalan pengguna motor matic menggunakan motornya dengan cara memutar gas secara tiba-tiba atau spontan yang membuat motor cepat rusak. Ini disebabkan oleh keadaan mesin yang belum siap tetapi sudah dipaksa melaju cepat, sehingga untuk jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan.

Ketujuh, lakukan pemanasan mesin pada motor matic anda.
Sebelum menggunakan untuk aktivitas, hidupkan motor dan biarkan hidup selama 5 hingga 10 menit.

Terakhir, servis rutin di bengkel kesayangan anda.

Semoga bermanfaat
Baca informasi menarik lainnya hanya di bacaplus.com


Sumber:
Kabaroto.com
Otomaniac.com

0 komentar:

Posting Komentar