Manfaat Internet bagi Berbagai Kalangan Usia


Siapa yang tidak kenal dengan internet? Manfaat internet kini mulai terasa ke semua kalangan, mulai dari anak - anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Internet hadir memberikan kita banyak kemudahan dalam hal apapun. Seperti pada anak - anak, internet memberikan hiburan berupa permainan dan video pada gadget yang di miliki orang tuanya, walaupun dalam jangka panjang ini sangat tidak baik kesehatan anak.

Untuk kalangan remaja seperti usia mulai dari SMP - SMA, internet dapat memberikan manfaat berupa akses informasi yang lebih mudah seperti dalam pencarian materi pembelajaran di sekolah ataupun pengembangan diri yang dibutuhkan para pelajar. Penggunaan internet secara bijak dapat memberikan manfaat yang sangat berarti, terutama untuk masa depan tiap generasi. Sungguh disayangkan bila internet disalahgunakan hingga rusaknya pola pikir dan perilaku para remaja yang mengakibatkan kemunduran generasi indonesia.

Untuk kalangan dewasa seperti para mahasiswa, pekerja dan pengusaha muda, internet bermanfaat untuk keberlangsungan hampir setiap kegiatan. Untuk mahasiswa contohnya, internet biasa digunakan untuk mencari bahan yang kemudian dianalisa atau dirangkum sesuai dengan tujuan tertentu.

Berikut ini 10 manfaat disajikan lengkap oleh bacaplus:

Pertama adalah sebagai penambah wawasan
Kini kita dengan mudahnya mencari sesuatu apapun karena tersedianya jutaan bahkan milyaran informasi yang ada di internet. Hanya dengan mengkoneksikan atau menghubungkan ke internet dan mengetik beberapa kata, informasi yang Anda inginkan secara cepat didapatkan. sebagai contoh jika Anda sangat gemar dengan olahraga sepakbola, maka semua informasi mengenai sepakbola tersedia di internet. So, internet terbukti menambah wawasan bagi penggunanya.

Kedua, menjadi lebih efisien
Dengan internet, informasi apapun dapat langsung Anda raih sehingga membuktikan bahwa internet bukan hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien. Tak perlu membeli koran, tak perlu menunggu informasi berlama - lama yang Anda inginkan di Televisi (TV).

Ketiga, memudahkan komunikasi
Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan Anda melalui social media. Kini berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas digital yang tersedia saat ini.

Keempat, meningkatkan penguasaan bahasa asing
Mampu menggunakan bahasa asing menjadi hal yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai sebagai bekal untuk bekerja ataupun berbisnis dengan orang asing. Internet menghadirkan banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris.

Kelima, mendorong kemandirian
Orang yang sudah fasih menggunakan internet cenderung mampu lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga jika penasaran pada sesuatu dapat mencarinya via internet.

Keenam, sarana pendidikan jarak jauh
Internet menjadi perpustakaan online yang mampu membangun komunikasi interaktif sehingga memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh. Contohnya, seorang dosen dengan mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan dapat di tempat yang berbeda walaupun jauh.

Ketujuh, sebagai sarana hiburan
Sebuah hiburan mampu didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja. contohnya, menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara online, dan lain-lain.

Kedelapan, memudahkan pekerjaan
Pekerjaan menjadi ringan karena hadirnya internet. Misalnya saja jika Anda diperintahkan untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik atau disebut dengan Email.

Kesembilan, untuk menjalankan bisnis
Bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Kita cukup duduk di depan laptop, komputer ataupun menggunakan smartphone saja dalam menjalankan bisnis, sehingga internet dapat menghemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia nyata.

Kesepuluh, berbelanja online
Begitu mudahnya belanja melalui internet walaupun ada beberapa resiko yang perlu diperhatikan. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memesan sesuai dengan format yang telah ditentukan penjual, harga cocok, kirim uang, barang terkirim sampai di rumah Anda.

Itulah beberapa manfaat internet yang dapat kami sajikan untuk Anda, semoga bermanfaat.

Sumber :
skipnesia.com

0 komentar:

Posting Komentar