10 Cara Mengatasi Ngantuk 100% Alami


Beberapa hal penyebab rasa kantuk datang diantaranya adalah kualitas tidur yang buruk, kurang darah (anemia), atau bisa juga karena pengaruh obat-obatan tertentu seperti obat sakit kepala, obat flu, atau bisa juga jenis obat-obatan yang lainnya.

Ada beberapa tips dan cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa kantuk di waktu yang tidak tepat.


1. Perbanyak Konsumsi Air Putih


Tips atau cara berikutnya yang dapat kita lakukan untuk mengatasi timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat adalah dengan rutin mengkonsumsi air putih. Air putih ini dapat membantu menjaga kadar cairan di dalam tubuh. Jika kadar cairan di dalam tubuh tidak terjaga, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan timbullah rasa kantuk.

Selain itu dengan mengkonsumsi air putih kita juga bisa meningkatkan fokus atau konsentrasi saat melakukan aktivitas. Jadi, air putih sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat. Idealnya, seseorang memerlukan asupan air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.


2. Jangan Lupakan Sarapan Pagi


Mungkin bagi sebagian besar orang sarapan pagi ini masih di anggap kurang penting. Padahal, sarapan adalah salah satu  sumber energi pertama yang kita dapatkan sebelum memulai aktivitas. Tanpa sarapan tubuh kita akan terasa lemas dan kurang bertenaga, dan akhirnya keinginan untuk tidur lagi pun bisa terasa saat kita sedang melakukan aktivitas.

Menu sarapan yang perlu kita makan juga tidaklah harus jenis makanan-makanan yang berat.  Kita bisa sarapan dengan beberapa jenis makanan yang ringan seperti susu, roti, telur, omleat, dan juga yang lainnya.


3. Mencuci Wajah atau Berwudhu


Dengan mencuci wajah kita juga dapat mengatasi masalah timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat. Air yang kita gunakan untuk membasuh wajah akan mampu menyegarkan mata kita sehingga kita akan lebih bersemangat. Bagi Anda yang beragama Islam, Anda juga bisa berwudhu untuk mengatasi rasa kantuk.


4. Memakan Cemilan Atau Mengunyah Permen Karet


Mengkonsumsi cemilan atau bisa juga dengan mengunyah permen karet merupakan salah satu cara ampuh mengatasi rasa kantuk. Jenis cemilan yang baik dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk adalah jenis makanan ringan yang memiliki rasa pedas atau asin seperti keripik pedas, kacang, serta jenis makanan ringan yang lainnya. Selain itu mengunyah permen karet saat kita sedang melakukan aktivitas juga ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang timbul di waktu yang tidak tepat.


5. Berbincang dengan Keluarga atau Teman


Saat berbincang atau bercanda dengan keluarga atau teman, otak kita akan dapat bekerja sehingga rasa kantuk pun akan hilang. Kita bisa memulai perbincangan dengan membicarakan hal-hal yang lucu atau menarik. Namun, perlu di ingat untuk tidak berbincang dengan teman di depan guru atau atasan karena bisa saja akan ada masalah yang dapat ditimbulkan. Carilah waktu-waktu yang tepat dan pas untuk mengobrol dengan teman agar rasa kantuk dapat teratasi.


6. Minum Kopi atau Teh


Konsumsi kopi atau teh adalah cara yang juga ampuh untuk mengatasi masalah kantuk di waktu yang tidak tepat. Kedua jenis minuman ini memiliki kandungan kafein yang mampu menstimulasi otak agar lebih segar dan rasa kantuk pun akan dapat dihilangkan. Namun, perlu diingat juga agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau teh, karena konsumsi kafein yang terlalu banyak akan memberikan dampak buruk pada tubuh kita.


7. Mengatur Nafas dan Berdoa


Saat kita sedang menguap, sebenarnya kadar oksigen di dalam otak kita sedang berkurang. Salah satu cara untuk menaga kadar oksigen dalam tubuh adalah dengan mengatur nafas. Cobalah untuk menghirup nafas selama sekitar lima detik dan kemudian hembuskanlah secara perlahan. Kadar oksigen yang cukup di dalam otak akan mampu meningatkan konsentrasi sehingga rasa kantuk pun dapat teratasi.


8. Olahraga Ringan


Olahraga ringan dapat membuat adrenalin terpacu, sehingga kembali waspada. Anda hanya perlu meregangkan otot-otot, stretching ringan atau lompat-lompat pelan. Anda juga bisa berjalan-jalan ke luar ruangan sebentar untuk menghirup udara segar.


9. Mendengarkan Musik


Mendengar musik mampu menjadi alternatif lainnya untuk menghindari minum kopi. Pilihlah musik yang membuat semangat kembali. Selain dapat membangkitkan semangat, musik juga dapat menenangkan pikiran. Berdasarkan jurnal Ergonomics, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang berlari di treadmill dengan mendengarkan musik dapat berlari lebih cepat dibanding yang tidak.


10. Mengatur Jam Tidur


Hentikan memainkan telepon genggam Anda atau menonton TV dua puluh menit sebelum Anda pergi tidur. Tidur yang cukup akan mengurangi rasa lelah. Jam tidur yang cukup juga mengurangi stress dan cemas. Yang menyebabkan kelelahan tidak hanya rasa kantuk, tetapi juga stress mental, energi kita terkuras dengan apa yang kita pikirkan.


Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar