7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Reuni 212


sumber gambar: tribunnews

Berikut ini 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang reuni 212 yang telah berlangsung sabtu, 2 desember 2017.

1. Adanya Posko Bekam


Sebuah posko kesehatan dibuka oleh Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) di kawasan Monumen Nasional (Monas). Dalam posko tersebut para relawan menyediakan fasilitan kesehatan bagi peserta Reuni 212 yang merasa lelah dan merasa perlu dipijat.

Relawan Bekam Indonesia (RBI) yang merupakan perwakilan dari PBI membuka tiga posko kesehatan dalam kegiatan Reuni 212 Sabtu (2/12). Dalam posko tersebut para relawan menyediakan berbagai fasilitas kesehatan seperti refleksi, totok, akupuntur, bekam kering, dan pijat.

Posko kesehatan sendiri sudah dibuka sejak pagi dan akan terus melayani peserta reuni 212 hingga kegiatan berakhir. Untuk obat yang akan diberikan kepada peserta jika memerlukan, Iskandar mengatakan akan memberikan madu dan obat herbal.

Di sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan sendiri selain terlihat posko kesehatan yang didirikan oleh relawan-relawan reuni, ada juga banyak relawan yang menyediakan makanan maupun minuman gratis bagi peserta reuni 212.

menarik bukan?


2. Orasi Amien Rais


Mantan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais saat menyampaikan orasi di peringatan Aksi 2 Desember (Reuni 212) dan Maulud Nabi menyampaikan harapannya agar aksi tersebut menggema ke seluruh dunia. "Tidak hanya di Indonesia, agar kegiatan hari ini menggema ke berbagai pelosok dunia," kata Amien kepada ribuan peserta Reuni 212 di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (2/12).

Dia juga menyerukan persatuan umat Islam agar dapat menghadapi tantangan zaman. Selain Amien, sejumlah tokoh juga hadir seperti Ketua Alumni 212 Slamet Maarif, juru bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman, musisi Ahmad Dhani, penyanyi Opick dan lainnya.

Massa Reuni 212 itu sendiri berangsur-angsur berdatangan ke area Monas pada Jumat (1/12). Dalam kegiatan itu, juga dilakukan peringatan hari kelahiran atau Maulud Nabi Muhammad SAW. Beberapa kegiatan mereka dimulai dengan shalat Tahajud dan Subuh secara berjamaah. Kegiatan itu juga diisi dengan orasi sejumlah tokoh.


3. Bantuan Bus Toilet Umum


Sebanyak 26 toilet umum disiapkan bagi peserta yang menghadiri kegiatan Reuni 212 di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, hari Sabtu (2/12). Toilet-toilet ini disiapkan tidak hanya oleh pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta tetapi juga bantuan dari pihak swasta.

Bus toilet umum ini sudah disiapkan oleh petugas sejak Sabtu dini hari atau bersamaan dengan mulainya kegiatan Reuni 212. Toilet-toilet umum tersebut disebar di berbagai titik di lingkungan dalam Monas.

Beberapa bus toilet VIP diletakkan di dekat panggung. Bus tersebut disiapkan khusus bagi ulama dan ustaz maupun panitia dan peserta yang berada di dekat panggung agar tidak berjalan jauh. "Ini khusus disiapkan kalau ada acara atau kegiatan di Monas. Kalau biasanya enggak ada. Soalnya di dalam Monas sendiri kan sudah ada yang permanen empat toilet," ucap Ali.

Kegiatan reuni 212 sendiri telah berlangsung sejak dini hari dengan diawali kegiatan Shalat Tahajud bersama. Hingga pukul 10.30 WIB berita ini dibuat, di panggung utama masih terdapat kegiatan sambutan serta zikir atau doa bersama.

4. Sambutan Semangat Hidayat Nur Wahid


Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nur Wahid ikut memberikan sambutan dalam Reuni 212 di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (2/12). Dalam sambutannya, Hidayat mengajak seluruh peserta Aksi Bela Islam yang diadakan di Monumen Nasional untuk membantu saudara-saudara Islam yang terkena musibah. Seperti di Indonesia yang saat ini terjadi musibah badai Cempaka, Dahlia dan bencana Gunung Agung di Bali, termasuk Palestina dan Rohingya.

"Untuk itu karenanya akan bagus dalam semangat 212 kita, dalam semangat Maulid kita, bagaimana kita membantu saudara-saudara kita, agar mereka tahu bahwa umat Islam bersama-sama bersatu padu untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana alam. Termasuk saudara kita di Palestina, termasuk di Rohingya," katanya kepada seluruh peserta Aksi Bela Islam di Monas, Jakarta, Sabtu (2/12).

Untuk itu, dengan semangat kebersamaan seluruh peserta yang hadir, ia menyerukan untuk bersama-sama berjuang demi mewujudkan negara yang damai, khususnya Indonesia. "Kita semuanya bisa bersilaturrahim melanjutkan komitmen kita untuk memberikan yang terbaik untuk indonesia," tambahnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, dalam acara peringatan Maulid Nabi dan Reuni Akbar 212 tersebut, membuktikan bahwa gerakan tersebut membawa banyak manfaat. Dimana gerakan tersebut membawa perubahan bagi umat manusia di seluruh Indonesia. "Dan itulah cita-cita kemerdekaan Indonesia," katanya.


5. Acara ditutup dengan Shalawat dan Lagu Indonesia Raya

Acara Reuni 212 yang ditaksir dikuti oleh lebih dari 1 juta orang ditutup dengan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Acara yang diselenggarakan di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta itu sudah dimulai sejak pukul 03.00 WIB dini hari, sabtu (2/12). Setelah menyelesaikan berbagai acara, Reuni 212 selesai tepat pukul 11.15 WIB.

Rangkaian acara reuni ditutup dengan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW serta lagu Indonesia Raya. Setelah melantunkan lagu Indonesia Raya para peserta mulai membubarkan diri dengan tertib.


6. Adanya Komando Aksi Ajak Kumpulkan Sampah


Setelah bershalawat, seluruh peserta berdoa yang juga mengikuti komando dari panggung utama.

Lantunan surat Al-Fatihah serta lagu Indonesia Raya pun terdengar. "Ya Allah, lindungilah kami dengan kalimat tersebut," bunyi komando dari panggung utama, di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (2/12).

Lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan juga diikuti oleh seluruh peserta acara. Di akhir acara komando dari panggung utama menyerukan untuk menjaga kebersihan. "Kumpulkan sampah, dan jangan injak rumput, buktikan umat Islam cinta kebersihan," bunyi komando yang berasal dari panggung utama.

Semua peserta pun mulai meninggalkan Monas dengan tertib dan beberapa peserta terlihat mengumpulkan sampah. Peserta lain juga menyerukan untuk tidak menginjak rumput dan menyoraki peserta yang menginjak rumput di Monas.


7. Kamu termasuk peserta reuni 212? Ceritakan pengalaman menarikmu di kolom komentar ya!




sumber: republika

0 komentar:

Posting Komentar