Ternyata 10 kebiasaan ini bisa membuat wajah Anda cepat keriput loh!


Keriput merupakan hal yang wajar seiring pertambahan usia. Namun hal ini akan cepat terjadi apabila kita melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Berikut 10 kebiasaan yang akan membuat wajah Anda cepat keriput :
1. Minum minuman yang bersoda dan beralkohol
Studi memperlihatkan bahwa meminum minuman bersoda (yang biasanya mengandung gula dalam jumlah yang banyak ) akan berdampak pada kulit Anda. Sebuah proses bernama glycation dapat menyebabkan kolagen menjadi lebih rapuh. Selain minuman bersoda, alkohol juga tak baik untuk kulit karena dapat meningkatkan kebocoran pada pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan kulit Anda mengendur atau terlihat lembek. Alkohol juga dapat membuat Anda dehidrasi, membuat kerutan akan lebih terlihat.
2. Menggunakan sedotan
Sedotan mungkin membantu Anda untuk menghindari noda di gigi, tetapi hal ini justru juga berdampak buruk pada kulit di sekitar mulut Anda. Menyedot terus-menerus dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan garis kerut di sekitar mulut. Cobalah meminum minuman langsung dari kaleng atau botolnya jika memungkinkan.
3. Menarik kulit saat menggunakan make up
Hal ini sangat jelas mengakibatkan kerutan, dan merupakan kebiasaan buruk yang umum di dunia rias. Anda harus menggunakan riasan sebagaimana orang lain akan melihat Anda, tidak perlu menarik pinggir mata, mulut, maupun alis saat sedang mengaplikasikan makeup. Menggerakkan wajah Anda untuk membantu makeup lebih akurat boleh-boleh saja, asalkan jangan menarik kulit sehingga terlihat datar.
4.  Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet dapat menimbulkan kerutan pada bagian bawah mulut, sekaligus juga dapat mengakibatkan masalah pada struktur mulut. Kebiasaan ini seharusnya mudah ditinggalkan demi menjaga kebaikan kulit Anda (dan kesehatan tubuh pada umumnya, jika Anda sering mengunyah permen karet tinggi gula).

5. Tidak memakan cukup ikan
Tidah hanya bertindak sebagai lemak yang baik (asam lemak omega-3) yang membantu mencegah berbagai sakit kronis seperti sakit jantung dan diabetes, ikan juga dapat merawat kulit Anda. Lemak pada ikan dapat memperbaharui sel membran, membantunya mempertahankan air agar kulit Anda tetap ternutrisi dan terasa halus. Jika Anda bukanlah penggemar ikan, Anda bisa mendapatkan nutrisi penting ini melalui kacang-kacangan seperti kenari.
6. Terlalu banyak duduk
Kebiasaan pasif dapat berakibat buruk untuk pinggang, jantung, dan kulit Anda! Berolahraga dapat meningkatkan komposisi kulit, memberikannya struktur 20 tahun lebih muda! Tidak akan ada kata terlambat untuk memulai olahraga. Orang dewasa yang mulai berolahraga secara rutin menunjukkan perbaikan pada kulitnya.
7. Mengabaikan kacamata hitam
Anda paham pentingnya memakai sunblock dan pelembap setiap hari, tetapi apakah Anda tahu bahwa memakai kacamata juga dapat mencegah silau, yang dapat membantu Anda terhindar dari kerutan di sekitar mata? Ya, memicingkan mata karena silau, jika dilakukan terlalu sering, akan membuat sudut mata Anda keriput. Pastikan Anda memakai kacamata yang memiliki filter UV untuk menjaga mata Anda dari sinar matahari yang dapat merusak kulit di sekitar mata Anda.
8. Terlalu sering mencuci muka
Tidur masih dengan riasan di wajah sudah pasti bukan kebiasaan yang baik, tapi mencuci wajah Anda dengan scrub yang kasar juga dapat menyebabkan kerusakan yang kompleks. Minyak alami wajah dapat menjaga kelembapan kulit Anda, dan jika Anda mencucinya lebih dari satu kali sehari, Anda dapat membuatnya kering tanpa menyadarinya. Pastikan untuk menggunakan air hangat, bukan panas. Air panas dapat merusak kulit.
9. Mengorek jerawat
Berhenti mengorek jerawat Anda, dan biarkan mereka keluar dengan caranya sendiri atau gunakan produk alami untuk menghilangkannya. Setiap kali Anda mengorek atau menarik kulit Anda, Anda akan menyebabkan kerusakan, iritasi, luka, dan kerutan.

10. Membuat beberapa ekspresi wajah
Sekarang kita tahu kenapa Victoria Beckham jarang tersenyum. Ekspresi wajah seperti senyum, cemberut, menaikkan alis, dan gerakan wajah lainnya dapat menyebabkan lekukan pada kulit yang semakin terlihat seiring usia. Tetapi kami tidak menyarankan Anda untuk tidak tersenyum lagi. Hidup macam apa itu? Yakinlah bahwa Anda terlihat lebih cantik saat tersenyum, dan kalau sudah begini, tak ada yang akan menyadari 1-2 kerutan di wajah Anda. Cukup hindari saja ekspresi wajah lain seperti cemberut dan merengut kesal.




0 komentar:

Posting Komentar